Jumat, 07 Mei 2010

Kelahiran Ganda

Kelahiran ganda (multiple birth) adalah kelahiran dua atau lebih individu pada satu masa kehamilan yang sama. Jika anak yang dihasilkan tiga disebut triplets, jika empat disebut quadruplets, dan jika lima disebut quintuplets. Kelahiran ganda yang sering terjadi adalah kembar dua (twins).

Kembar dua terjadi jika ada individu di dalam uterus pada satu masa kehamilan yang sama. Ada dua jenis kelahiran kembar, yaitu kembar fraternal dan kembar identik. Pada kelahiran fraternal, kembar yang lahir bisa berbeda kelamin. Pada kembar identik, kembar yang lahir memiliki jenis kelamin yang sama.

Pada kembar fraternal, dua embrio berasal dari dua ovum yang dibuahi oleh dua sperma. Anak-anak kembar fraternal dapat terlihat mirip satu sama lain, tapi juga dapat terlihat dangat berbeda. Kembar identik berasal dari satu ovum yang dibuahi satu sel sperma. Peleburan itu menghasilkan satu zigot, yang kemudian membelah menjadi dua embrio. Kedua embrio tersebut tumbuh menjadi fetus pada rahim yang sama. Anak-anak kembar identik memiliki penampakan yang mirip, walaupun pada akhirnya terlihat berbeda karena pilihan gaya hidup masing-masing.

Kembar siam terjadi jika zigot kembar identik gagal berpisah secara sempurna. Kebanyakan kasus kembar siam terjadi pada perempuan (sekitar 70-75%).

0 komentar:

Posting Komentar